Aturan pemanfaatan Layanan akan berpedoman pada Ketentuan Layanan ini. Dengan mengakses dan atau memanfaatkan semua fitur Layanan, anda dianggap telah membaca, memahami dan tunduk serta setuju untuk terikat dalam Ketentuan Layanan ini dan segala perubahannya di kemudian hari.
Pengelola Layanan berhak untuk setiap saat melakukan perubahan apapun atas Ketentuan Layanan yang berlaku efektif saat penayangan. Adalah kewajiban bagi Pengguna Layanan untuk secara berkala melihat perubahan yang terjadi dan mengikat Pengguna Layanan.
Pengelola Layanan setiap saat berhak untuk mengubah, menunda dan menghilangkan bagian dan atau fitur yang disediakan Layanan termasuk tetapi tidak terbatas pada ketersediaan data dan atau konten. Termasuk berhak membatasi akses Penggguna Layanan pada bagian dan atau fitur tertentu dari Layanan.
PENGGUNA LAYANAN
Pengguna Layanan adalah semua orang dan atau pihak-pihak yang mengakses dan atau memanfaatkan semua fitur Layanan. Pengguna Layanan terdiri dari:
- Pengguna Layanan yang mendaftar.
- Pengguna Layanan yang tidak mendaftar.
Beberapa fitur dan atau layanan pada Layanan hanya dapat diakses oleh Pengguna yang mendaftar.
Pengguna yang menggunakan layanan dengan cara mendaftar wajib untuk memberikan data-data pendaftaran yang valid dan sah. Pengguna Layanan setuju untuk bertanggung jawab penuh atas data-data pendaftaran yang dicantumkan dalam form pendaftaran, dan membebaskan Penggelola Layanan atas tanggung jawab apapun atas data dan informasi pendaftaran yang dicantumkan oleh Pengguna Layanan.
Dengan melakukan pendaftaran Penguna Layanan setuju untuk tunduk dan terikat pada ketentuan layanan yang diakses.
Pengguna Layanan dalam melakukan segala aktivitas dalam Layanan wajib tunduk dan patuh kepada ketentuan dalam Ketentuan Layanan, perundang-undangan yang berlaku serta menjaga norma-norma serta etika antara lain:
- Dilarang mencantumkan dan mengeluarkan pernyataan dan atau penggambaran yang termasuk tetapi tidak terbatas melecehkan, menghina, merendahkan dan menyinggung Suku, Agama, Ras dan Antar golongan, gender/jenis kelamin, kondisi fisik/cacat, institusi/kelompok tertentu, pornografi,kata-kata jorok/kasar dan hal-hal lain yang tidak sesuai etika dan norma hidup bermasyarakat.
- Dilarang melakukan tindakan yang melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual antara lain termasuk tetapi tidak terbatas plagiatisme, pencopyan tanpa ijin/pembajakan, pemalsuan.
- Dilarang memuat atau meneruskan dari pihak lain dalam Layanan, materi-materi yang secara hukum dan peraturan berkaitan lainnya mengandung pelanggaran hukum baik pidana maupun perdata.
- Pengguna Layanan yang mendaftar wajib melakukan pembaharuan atas data-datanya, apabila terjadi perubahan atas data dan informasi yang dicantumkan dalam form pendaftaran.
- Pengguna Layanan dalam melakukan kegiatan penggunan Layanan, dilarang menyebarkan fitnah, berita bohong, melakukan kegiatan-kegiatan yang dilarang di Republik Indonesia, memicu kebencian atas golongan atau kelompok tertentu.
- Dilarang melakukan aktivitas dalam Layanan yang dapat menyebarkan virus, trojan dan atau program-program komputer lainnya yang dapat mengganggu atau merusak atau menghentikan proses Layanan.
DATA DAN INFORMASI
Data dan Informasi yang disajikan dalam Layanan, adalah data dan informasi bersifat publik dan beberapa data dan informasi dilindungi serta tunduk pada ketentuan tentang Hak Atas Kekayaan Intelektual dan ketentuan peraturan perundangan lainnya yang terkait dengan penyebaran informasi.
JENIS DATA DAN INFORMASI
Data dan Informasi yang diperoleh Pengelola Layanan dari Pengguna Layanan adalah Data dan Informasi yang dibedakan:
- Data dan Informasi yang diperoleh dari proses pendaftaran.
- Data dan Informasi yang diperoleh dari proses upload Pengguna Layanan.
- Data dan Informasi yang diperoleh pada saat Pengguna Layanan melakukan aktivitas di Layanan.
Data dan informasi yang disampaikan oleh Pengguna Layanan dalam proses Log-In akan diperlakukan oleh Pengelola Layanan sebagai data yang tidak disharing ke publik dan hanya dipergunakan untuk kepentingan Pengelola Layanan.
PENGELOLAAN DATA DAN INFORMASI
Pengguna Layanan dengan ini setuju untuk memberikan hak kepada Pengelola Layanan, untuk mengelola dan mengolah Data dan Informasi dari Pengguna Layanan untuk kepentingan Pengguna Layanan.
Pengguna Layanan setuju bahwa seluruh Data dan Informasi yang disampaikan Pengguna Layanan, validitas dan keabsahan secara hukum menjadi beban dan tanggung jawab pribadi Pengguna Layanan. Pengelola Layanan tidak bertanggung jawab atas Data dan Informasi yang disampaikan Pengguna Layanan baik akibat langsung maupun tidak langsung yang disampaikan secara terbuka di ruang publik maupun disampaikan secara tertutup kepada Penggelola Layanan.
Pengelola Layanan berhak untuk mengedit/mengubah, menyunting isi, mengatur dan melayout atas segala Data dan Informasi baik termasuk tetapi tidak terbatas dalam bentuk tulisan, foto dan gambar untuk kepentingan etika jurnalistik, norma dan estetika.
Pengelola Layanan berdasarkan perintah pengadilan dan atau undang-undang berhak untuk menyampaikan Data dan Informasi Pengguna Layanan kepada aparat yang berwenang, apabila Data dan Informasi tersebut menjadi bukti dalam suatu tindak pelanggaran pidana.
Pedoman Penanganan Koreksi/Ralat, Hak Koreksi, dan Hak Jawab
1. Prinsip
Ralat/koreksi, hak koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers, dan Pedoman Pemberitaan Media Siber
2. Definisi
- Ralat/koreksi adalah pembetulan atau perbaikan atas kesalahan tulis, ucap, data, atau fakta pada berita tulis, foto, video, audio, atau media publikasi lainnya.
- Hak koreksi adalah hak setiap orang untuk mengoreksi atau memberitahukan kekeliruan informasi kepada redaksi, baik tentang dirinya maupun tentang orang lain.
- Hak jawab adalah hak seseorang atau sekelompok orang untuk memberikan tanggapan atau sanggahan terhadap pemberitaan berupa fakta yang merugikan nama baiknya
3. Isi Hak Koreksi
- Hak koreksi berisi sanggahan data atau fakta dari siapa pun.
- Hak koreksi diajukan melalui berbagai saluran yang tersedia.
4. Isi Hak Jawab
- Hak jawab berisi sanggahan dan tanggapan dari pihak yang dirugikan.
- Hak jawab diajukan langsung kepada media yang bersangkutan, dengan tembusan ke Dewan Pers.
- Dalam hal kelompok orang, organisasi atau badan hukum, hak jawab diajukan oleh pihak yang berwenang dan atau sesuai statuta organisasi, atau badan hukum bersangkutan.
5. Prosedur
- Masukan ralat/koreksi berasal dari siapa pun melalui berbagai saluran yang tersedia.
- Pengajuan hak jawab dan hak koreksi dilakukan secara tertulis (termasuk digital) dan ditujukan kepada penanggung jawab redaksi atau menyampaikan langsung kepada redaksi dengan menunjukkan identitas diri.
- Pihak yang mengajukan hak jawab wajib memberitahukan informasi yang dianggap merugikan dirinya baik bagian per bagian atau secara keseluruhan dengan data pendukung.
- Pelayanan hak jawab dan hak koreksi tidak dikenakan biaya.
6. Pemuatan
- Ralat/koreksi dilakukan oleh redaktur atau atasan redaktur segera setelah ditemukan kesalahan pada produk yang telah dipublikasikan.
- Ralat/koreksi dan atau hak jawab wajib pada platform digital ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.
- Di setiap berita ralat/koreksi dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.
7. Pelaksanaan Hak Jawab
- Pemuatan hak jawab dilakukan secara proporsional:
- Hak jawab atas pemberitaan atau karya jurnalistik yang keliru dan tidak akurat dilakukan baik pada bagian per bagian atau secara keseluruhan dari informasi yang dipermasalahkan;
- Hak jawab dilayani pada tempat atau program yang sama dengan pemberitaan atau karya jurnalistik yang dipermasalahkan, kecuali disepakati lain oleh para pihak;
- Hak jawab dengan persetujuan para pihak dapat dilayani dalam format ralat, wawancara, profil, features, liputan, talkshow, pesan berjalan, komentar media siber, atau format lain tetapi bukan dalam format iklan;
- Pelaksanaan hak jawab harus dilakukan dalam waktu yang secepatnya;
- Pemuatan hak jawab dilakukan satu kali untuk setiap pemberitaaan;
- Dalam hal terdapat kekeliruan dan ketidakakuratan fakta yang bisa dibuktikan bersifat menghakimi, fitnah dan atau bohong, kami menyampaikan permintaan maaf.
- Kami berhak menyunting hak jawab sesuai dengan prinsip-prinsip pemberitaan atau karya jurnalistik, namun tidak mengubah substansi atau makna hak jawab yang diajukan.
- Hak jawab tidak berlaku lagi jika setelah dua bulan sejak berita atau karya jurnalistik dipublikasikan pihak yang dirugikan tidak mengajukan hak jawab, kecuali atas kesepakatan para pihak.
8. Penolakan Isi Hak Jawab
Kami dapat menolak isi hak jawab jika:
- Panjang/durasi/jumlah karakter materi hak jawab melebihi pemberitaan atau karya jurnalistik yang dipersoalkan;
- Memuat fakta yang tidak terkait dengan pemberitaan atau karya jurnalistik yang dipersoalkan;
- Pemuatannya dapat menimbulkan pelanggaran hukum;
- Bertentangan dengan kepentingan pihak ketiga yang harus dilindungi secara Hukum.
9. Penyelesaian Sengketa
Sengketa mengenai pelaksanaan hak jawab diselesaikan oleh Dewan Pers.
10. Pencabutan Berita
- Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait dengan masalah suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.
- kami wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.
- Pencabutan berita wajib disertai dengan keterangan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.